Home / Internasional / Ternyata Mayoritas Warga Australia Kontra Abbott Soal Indonesia

Ternyata Mayoritas Warga Australia Kontra Abbott Soal Indonesia

Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dibuat Lowy Institute for International Policy mayoritas, warga Australia tak setuju dengan keputusan Abbott. - Foto: Reuters
Berdasarkan hasil jajak pendapat yang dibuat Lowy Institute for International Policy mayoritas, warga Australia tak setuju dengan keputusan Abbott. – Foto: Reuters

Satu Islam, Canbera – Perdana Menteri Tony Abbott telah memanggil pulang Duta Besar Australia di Jakarta sebagai bentuk protes atas eksekusi mati terhadap dua warganya. Namun ternyata, berdasarkan hasil jajak pendapat yang dibuat Lowy Institute for International Policy mayoritas, warga Australia tak setuju dengan keputusan Abbott tersebut.

Dalam jajak pendata tersebut, Lowy Institute for International Policy melibatkan sebanyak 1.200 warga Australia. Ketika ditanya apakah mereka setuju dengan kebijakan Abbott yang menarik Dubes di Jakarta, hasilnya hanya 42 persen yang setuju.

Melansir Sydney Morning Herald pada Kamis 7 Mei 2015 selain ditanya mengenai penarikan Dubes, lembaga itu juga melemparkan pertanyaan seputar efek dari eksekusi mati yang dilakukan Indonesia. Ketika ditanya apakah eksekusi itu akan membuat dampak besar dalam berkurangnya minat melakukan perjalanan ke Indonesia, 63 persen dari total responden yang menjawab mengatakan, tidak akan ada bedanya.

Menurut Direktur Lowy Institute, Michael Fullilove, masyarakat Australia nampaknya lebih dewasa dalam menanggapi isu antara Indonesia dan Australia saat ini. Menurut Fullilove, warga Australia lebih mempertimbangkan banyak hal ketika akan menunjukan sikap protes mereka terhadap eksekusi mati yang dilakukan Indonesia.

“Meskipun Abbott menyatakan protes keras atas eksekusi mati dua warganya, tampaknya rakyat Australia lebih memilih berhati-hati dalam mengambil tindakan tegas terhadap Indonesia setelah eksekusi mati yang telah terlaksana,” kata Fullilove.(Sindonews.com)

About Abu Nisrina

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *