Home / Internasional / Suriah Minta PBB Hentikan Yordania Latih Teroris

Suriah Minta PBB Hentikan Yordania Latih Teroris

Bashar-al-Assad-016
Presiden Suriah Bashar al-Assad

Satu Islam, Damaskus – Suriah menuding Yordania melatih “teroris Islam” di wilayahnya dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera menghentikan kelompok teroris yang didukung Amman.

Tudingan tersebut disampaikan dalam sebuah surat yang dikirim pada Senin oleh kementerian luar negeri kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan presiden Dewan Keamanan PBB, seperti dilansir kantor berita pemerintah SANA.

Surat tersebut mengkritik dukungan “terang-terangan dan sistematis” yang diberikan Kerajaan Yordania kepada sejumlah kelompok teroris, menambah penderitaan warga Suriah karena kejahatan yang dilakukan kelompok itu.

Surat itu menuduh Yordania “memberikan dukungan logistik kepada beberapa kelompok teroris Islam bersenjata termasuk Front Al Nusra (afiliasi Al Qaeda).”

Suriah juga menuding Yordania tengah “mendirikan kamp pelatihan teroris di wilayahnya serta pusat operasi untuk membantu kelompok tersebut dan memfasilitasi penyusupan ribuan teroris per hari (ke Suriah).”

Yordania merupakan pendukung utama teroris Islam yang Amerika Serikat (AS) dan Barat menyebutnya sebagai oposisi Suriah.  dan bulan ini AS mulai melatih teroris di Yordania dengan alasan untuk memerangi kelompok Islamic State (ISIS).

Surat itu mendesak Dewan Keamanan PBB mengambil langkah-langkah “untuk menghentikan tindakan Yordania yang mengancam keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut dan di seluruh dunia.”

About Abu Nisrina

Check Also

Mantan Agen AS Sebut Pimpinan CIA Bertanggung Jawab Atas Kekacauan di Suriah

Satu Islam, Moskow – Kehadiran Rusia dalam konflik Suriah bertujuan membantu menyelesaikan krisis serta menolong …