Home / Internasional / Raja Salman ke Rusia, Eskalator Berlapis Emas dan Berbiaya 1,4 Milyar Dollar

Raja Salman ke Rusia, Eskalator Berlapis Emas dan Berbiaya 1,4 Milyar Dollar

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud turun dari pesawat saat tiba di Bandara Vnukovo di Moskow pada tanggal 4 Oktober 2017 lalu

Satu Islam, Moskow – Raja Salman akan berkunjung ke Rusia pada Rabu, 4 Oktober 2017 lalu. Kunjungan tersebut untuk meningkatkan kepentingan bersama dalam keamanan, energi, dan perdagangan antara kedua negara itu.

Ini adalah kali pertama bagi Raja Salman melakukan kunjungan ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Selain membahas hubungan ekonomi, keduanya akan membahas penyelesaian konflik di Suriah dan pembelian sistem pertahanan S-400.

Dia juga akan membahas proyek infrastruktur perdagangan dan pembangunan ifrastruktur bersama dengan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev pada hari Jumat kemarin.

Kunjungan Raja Salman dikabarkan dalam suasana mewah berbiaya tinggi. Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi telah membawa rombongan yang mewah untuk kunjungan kenegaraannya, dan sebagai bagian dari perjalanannya, ia dilaporkan terbang dengan membawa 1.500 staf, karpet mewah dan pelindung berlapis emas ke Rusia.

Bloomberg mengabarkan kepala negara Arab Saudi memesan dua hotel berkelas Four Seasons Moscow dan Ritz Carlton. Dua hotel mewah tersebut dianggap sebagai kantor bagi sebagian besar staf pemimpin Dubai yang berjumlah 1.500 personil tersebut, menurut sumber Bloomberg.

Sekedar informasi, satu kamar utama di Four Seasons dapat dikenakan biaya lebih dari USD3.800 atau senilai Rp51 juta, dengan suite Royal Pozharsky yang hanya tersedia untuk pemesanan berdasarkan permintaan.

Dengan mengutip sejumlah sumber yang tak dirinci detail, media tersebut mengabarkan bahwa sejumlah tamu hotel yang telah memesan kamar jauh-jauh hari, terpaksa harus membatalkan reservasi. Bahkan, pihak hotel dikabarkan terpaksa memindahkan sejumlah tamu hotel yang tinggal secara permanen. Namun tidak ada konfirmasi lebih lanjut soal hal tersebut baik dari pihak hotel maupun pihak Arab Saudi.

Seorang sumber di Four Seasons mengatakan bahwa seluruh hotel dipesan sampai tanggal 8 Oktober mendatang khusus untuk rombongan Saudi dan tidak dibuka untuk umum. Bahkan pihak hotel Ritz Carlton, yang terletak hanya 1 km dari Kremlin, menutup seluruh tempat parkir sampai tanggal 8 Oktober. Fasilitas ini memiliki biaya harian sekitar USD50 atau Rp675 ribu lebih per kendaraan.

Rombongan kerajaan Saudi termasuk staf bagian dapur yang akrab dengan makanan kegemaran Raja atau bagaimana menyiapkan kopinya. Laporan menunjukkan karpet mewah juga dibawa oleh pejabat Saudi untuk membuat tempat tinggal tetap nyaman.

Seperti dimuat media yang sama, pihak Saudi membawa sekitar 800 kilogram makanan sendiri. Anggota rombongan kerajaan pun mengganti beberapa staf hotel dengan personil mereka sendiri karena mereka yang memahami selera masakan Raja dan Keluarga Kerajaan.

Perjalanan Raja Salman ke Rusia ini diperkirakan menelan biaya sebesar USD1,4 milyar, yang berarti Raja Salman membutuhkan biaya yang besar saat bepergian ke luar negeri.

Dana meluas ke pesawat mewah, pelindung berlapis emas dan eskalator yang disesuaikan. Saat berkunjung ke Jepang pada bulan Maret, delegasi pejabat Saudi tiba dengan 10 pesawat.

About Abu Nisrina

Check Also

Melamun, Netanyahu Tak Akan Izinkan Militer Iran Hadir Permanen di Suriah

Satu Islam, Tel Aviv – Saat bertemu Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Perdana Menteri Israel, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *