Home / Internasional / PM Irak Minta Bantuan Khamenei Lawan ISIS

PM Irak Minta Bantuan Khamenei Lawan ISIS

Abadi diduga ingin meminta kepada Iran untuk meningkatkan bantuan militer ke Irak, untuk melawan ISIS
Abadi diduga ingin meminta kepada Iran untuk meningkatkan bantuan militer ke Irak, untuk melawan ISIS

Satu Islam, Baghdad – Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi dikabarkan akan melakukan pertemuan dengan pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Abadi menemui Khamenei untuk meminta bantuan guna melakukan perlawanan terhadap ISIS.

“Dia (Abadi) akan bertemu dengan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei dan pejabat Iran lainnya untuk membahas beberapa isu, termasuk upaya internasional untuk menghadapi ISIS,” bunyi pernyataan kantor Perdana Menteri Irak, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu 17 Juni 2015.

Iran sejatinya sudah beberapa kali memberikan bantuan kepada Irak untuk membantu negara tersebut melawan ISIS. Abadi diduga ingin meminta kepada Iran untuk meningkatkan bantuan militer ke Irak, untuk melawan ISIS.

Kehadiran Iran sendiri di Irak sebenarnya mendapat tentangan keras dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS). Namun, Abadi dalam sebuah pernytaan menegaskan bahwa semua negara, termasuk Iran berhak membantu Irak dalam melawan ISIS.

Abadi bahkan sempat mengatakan Iran lebih memiliki hak untuk membantu Irak, mengingat kedua negara adalah tetangga, dan memiliki kebudayaan yang sama.

“Secara geografis dan sejarah antara kedua negara, memberikan hak kepada Iran untuk membantu kami dalam melawan ancaman ini (ISIS). Dan, apa yang mereka (Iran) lakukan merupakan bagian dari upaya internasional untuk membantu kami, sama halnya dengan apa yang dilakukan Selandia Baru, Australia atau Amerika Serikat (AS),” kata Abadi beberapa waktu lalu.

About Abu Nisrina

Check Also

Dunia Kagumi Keberagaman Umat Islam Indonesia

Satu Islam, London – Keberagaman umat Islam di Indonesia yang berasal dari Sabang, Aceh hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *