Home / Internasional / PBB Diminta Larang Pasukan Asing Injakkan Kaki di Yaman

PBB Diminta Larang Pasukan Asing Injakkan Kaki di Yaman

pbb-diminta-larang-serdadu-asing-injak-tanah-yaman-rQI
Milisi Houthi

Satu Islam, New York – Pemerintah Yaman telah meminta PBB untuk melarang serdadu asing menginjakkan kakinya di tanah Yaman. Permintaan itu muncul melalui surat yang dikirim Pemerintah Yaman kepada PBB.

PBB diminta segera melakukan intervensi untuk menyelamatkan Yaman dari pengerahan pasukan asing di negara itu. Dalam surat tersebut, Yaman menegaskan bahwa dua kota mereka yakni Aden dan Taiz sedang diperebutkan oleh pasukan milisi Houthi dan pasukan pendukung Pemerintah Yaman.

Duta Khusus Yaman untuk PBB, Khaled Alyemany, mengirim surat itu pada hari Rabu kemarin. Selain kepada Dewan Keamanan PBB, surat itu juga ditujukan kepada kelompok hak asasi manusia untuk merekam ”pelanggaran biadab terhadap penduduk Yaman yang berdaya”.

Dalam salinan surat yang dibaca Reuters, Kamis 7 Mei 2015, Pemerintah Yaman menyalahkan milisi Houthi atas kematian warga sipil. Masih menurut isi surat itu, Yaman menjelaskan kepada Dewan Keamanan PBB, bahwa mereka meminta bantuan militer dari Koalisi Teluk yang dipimpin Arab Saudi untuk memerangi Houthi.

Dalam pertempuran terbaru di Yaman yang terjadi Rabu kemarin, setidaknya 120 orang tewas, di mana mayoritas dari korban adalah warga sipl. Dari jumlah itu, sekitar 40 orang tewas ketika mencoba melarikan diri dari kota pelabuhan Aden selatan dengan perahu. Sebuah laporan mengklaim perahu itu sedang oleh mortir Houthi.

Laporan lain menyatakan, ada rentetan serangan udara dari Koalisi Teluk yang menewaskan 21 warga sipil di Provinsi Saada. Provinsi itu berbatasan dengan Arab Saudi yang dikenal sebagai benteng Houthi.

Menurut WHO, secara keseluruhan dalam tempo 19 Maret hingga 27 April 2015 hampir 1.250 orang tewas, dan 5.044 lainnya terluka akibat konflik di Yaman. Namun, angka perkiraan dari pemerintah setempat jauh lebih tinggi.(Sindonews.com)

About Abu Nisrina

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *