Home / Internasional / Pakistan Resmikan Perang Besar dengan Taliban

Pakistan Resmikan Perang Besar dengan Taliban

meradang-pakistan-perang-besar-dengan-taliban-cxM
Pakistan meluncurkan perang besar-besaran terhadap Taliban. – Foto : Reuters

Satu Islam, Islamabad – Pemerintah Pakistan meluncurkan perang besar-besaran terhadap keompok radikal Islam, Taliban, mulai Jumat 15 Mei 2015. Basis-basis kelompok Taliban dibom dari udara dan darat.

Serangan besar-besaran itu untuk memukul mundur Taliban hingga ke benteng terakhir mereka di wilayah barat laut Pegunungan Waziristan Utara. Lembah Shawal yang selama ini dikenal sebagai sarang persembunyian Taliban juga ikut diserang pesawat-pesawat jet tempur Pakistan.

Sumber-sumber intelijen Pakistan kepada Reuters, mengatakan bahwa enam hingga 15 gerilyawan tewas dalam serangan besar-besaran hari ini.

”Ini adalah aksi militer besar-besaran terhadap militan Taliban dan sekutu mereka di pegunungan Shawal,” kata seorang pejabat pemerintah yang berbicara dalam kondisi anonim.

Taliban Pakistan telah menguasai hampir semua wilayah Waziristan Utara hingga memaksa militer Pakistan beraksi. Taliban Pakistan juga telah bersekutu dengan Taliban Afghanistan. Mereka berbagi ideologi yang sama. Tapi mereka beroperasi dalam entitas yang terpisah dengan fokus menggulingkan pemerintah yang sah dan mendirikan pemerintahan sendiri.

Seorang warga Pakistan di sekitar lembah Shawal, Zainullah, mengatakan, tank-tank tempur Pakistan telah bergerak mendekati lembah. ”Ratusan truk dan pickup penuh dengan tentara dan senjata sedang bergerak ke arah Shawal,” katanya.

”Ada hambatan di mana-mana. Tidak ada yang bisa masuk atau keluar. Ada jam malam dan jaringan telepon diputus,” ujarnya.

About Abu Nisrina

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *