Home / Internasional / Kapal Bantuan Iran Siap Diberangkatkan Menuju Yaman

Kapal Bantuan Iran Siap Diberangkatkan Menuju Yaman

 Pejabat bandara dan relawan kemanusiaan sedang melaksanakan inspeksi menyusul kerusakan yang dilakukan oleh serangan udara Saudi di landasan dari Bandar Udara Internasional Sana'a, Yaman, 5 Mei 2015

Pejabat bandara dan relawan kemanusiaan sedang melaksanakan inspeksi menyusul kerusakan yang dilakukan oleh serangan udara Saudi di landasan dari Bandar Udara Internasional Sana’a, Yaman, 5 Mei 2015 (Dok : AFP)

Satu Islam, Teheran – Satu kapal Iran berisi bantuan bertolak dari Kota Pelabuhan Bandar Abbas di Iran Selatan pada Senin (11/5), menuju Yaman, berikut seperti dilaporkan dari laman Press TV. Kapal itu, yang dinamakan Kapal Pertolongan, membawa 2.500 ton pasokan makanan dan obat yang disumbangkan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran, kata laporan tersebut.

Kapal itu berlayar menuju Kota Pelabuhan Yaman, Hodeidah melalui Laut Oman, Samudra Hindia, Teluk Aden dan Laut Merah, kata beberapa laporan pada Minggu (10/5). Di kapal tersebut terdapat 15 staf medis, 13 wakil media, tujuh pegiat anti-perang dari Amerika Serikat, Prancis dan Jerman ditambah anggota awak.

Iran menyatakan negara Persia itu telah berkoordinasi dengan Komite Palang Merah Internasional dan Lembaga Bulan Sabit Merah Arab Saudi, Oman serta Djibouti. Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan kapal tersebut dijadwalkan tiba di tempat tujuannya sekitar 10 hari setelah berangkat.

Iran memperingatkan bahwa Teheran takkan membiarkan koalisi pimpinan Arab Saudi mencegat kapal itu. Arab Saudi telah lama menuduh Iran mempersenjatai dan mendanai petempur Syiah Yaman, Al-Houthi, tapi Teheran membantah tuduhan tersebut.

Sementara pada April lalu, jet tempur koalisi pimpinan Arab Saudi mencegat satu pesawat Iran di wilayah udara Yaman, dan menghancurkan landasan pacu di bandar udara di Ibu Kota Yaman, Sanaa, sehingga mencegah pesawat tersebut mendarat. Iran menyatakan pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan buat Yaman, demikian dilansir dari laman Xinhua.(PressTV)

About Sarah

Lifetime learner, wanderlust, lover

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *