Home / Internasional / Jelang Puasa ISIS Bom Masjid di Sanaa

Jelang Puasa ISIS Bom Masjid di Sanaa

tentara-yaman
Kelompok bersenjata berjaga-jaga di Yaman – Foto: AFP

Satu Islam, Sanaa – Sedikitnya 31 orang tewas dalam sebuah ledakan di masjid dan sebuah rumah di Sanaa, Ibu Kota Yaman, pada Rabu waktu setempat, 17 Juni 2015.

Petugas medis yang menjadi saksi mata mengatakan bahwa ledakan terjadi sebanyak lima kali secara berentetan.

Dilansir dari AFP pada Kamis, 17 Juni 2015, ledakan itu juga mengakibatkan belasan orang luka. Peledak dibawa dua mobil yang menargetkan masjid itu. Satu mobil yang lain menabrakkan diri ke sebuah rumah yang diklaim sebagai rumah Saleh Al Sammad, pemimpin pemberontak Huthi.

Ledakan serupa terjadi di dua masjid lain, yakni Masjid Al-Kibssi dan Masjid Al-Tayssir di distrik Al-Ziraa. Serangan-serangan itu bertepatan dengan waktu salat magrib.

Saksi mata mengatakan bom itu ditanam di dekat pintu masuk ke masjid, lalu meledak mengenai jemaah yang berbondong-bondong berdoa pada malam bulan puasa Ramadhan.

Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab dan mendalangi rentetan pemboman itu. Peledakan bom yang dilakukan ISIS menyasar siapapun yang dianggap lawan politiknya.

ISIS berdalih serangan ini merupakan “balas dendam” terhadap kelompok Huthi yang telah membanjiri Sanaa.

Serangan datang saat PBB berjuang untuk mendorong pembicaraan damai antara pemerintah Yaman yang diasingkan dengan pemberontak di Jenewa.

Serangan ini terjadi setelah hampir tiga bulan pemboman ISIS yang memancing kecaman Al-Qaeda. Serangan ke masjid di Yaman pada bulan Maret lalu tersebut menewaskan 142 orang.

About Abu Nisrina

Check Also

UNRWA: 450 Ribu Pengungsi Palestina di Suriah Terancam Krisis Pangan

Satu Islam, Beirut – Badan PBB untuk Pekerja Bantuan (UNRWA) mengatakan, hampir 450 ribu pengungsi …