Home / Internasional / Israel dan Negara Arab Halangi Kesepakatan Nuklir Iran

Israel dan Negara Arab Halangi Kesepakatan Nuklir Iran

jalali-iran
Foto: Islam Times

Satu Islam, Teheran – Beberapa negara ‘sakit hati’ di Timur Tengah dan Barat berusaha merusak pembicaraan nuklir Iran dengan kelompok P5 + 1, kata seorang anggota senior parlemen Iran.

“Rezim Zionis dan beberapa negara Arab regional yang ‘sakit-hari’ terhadap negosiasi nuklir masih berusaha menghalangi pembicaraan ini,” kata Kazem Jalali dalam pertemuan dengan Ketua Komite Parlemen Eropa pada Urusan Luar Negeri, Elmar Brok di Teheran, Minggu 7 Juni 2015.

Jalili berharap perundingan nuklir antara Tehran dan enam kekuatan global akan meraih “hasil menang-menang” dan kedua belah pihak akan mencapai tujuan mereka.

Jalali, ketua Pusat Penelitian Parlemen Iran, mengatakan para pejabat Parlemen Eropa seharusnya tidak membiarkan ekstrimis seperti Zionis dan negara-negara tertentu mempersiapkan saranauntuk menggagalkan pembicaraan nuklir.

Dia mengecam setiap campur tangan dalam pembicaraan nuklir dan menekankan bahwa hanya negosiator dari Iran dan enam negara yang harus menyelesaikan masalah tersebut.

Brok mengatakan hasil pembicaraan nuklir sangat penting bagi negara-negara di kawasan dan di seluruh dunia sambil mengatakan Parlemen Eropa mendukung hasil negosiasi.

Dia juga berharap Iran dan P5 + 1 berhasil mencapai hasil sampai batas waktu yang ditetapkan.(Islam Times)

About Abu Nisrina

Check Also

Mantan Agen AS Sebut Pimpinan CIA Bertanggung Jawab Atas Kekacauan di Suriah

Satu Islam, Moskow – Kehadiran Rusia dalam konflik Suriah bertujuan membantu menyelesaikan krisis serta menolong …