Home / Internasional / Hadiah 20 Kg Emas dari Al-Qaeda untuk Kematian Pimimpin Houthi

Hadiah 20 Kg Emas dari Al-Qaeda untuk Kematian Pimimpin Houthi

088412400_1428511284-406385_img650x420_img650x420_crop
Kota Sanaa, Yaman hancur akibat pertempuran – Foto: Reuters

Satu Islam, Sanaa – Konflik Yaman tengah bergolak panas saat ini. Ribuan warga negara asing di negeri Jazirah Arab itu, termasuk yang berasal dari Indonesia pun dievakuasi dan dipulang ke tanah air.

Ada tiga kubu di Yaman yang berseteru. Pertama, Al-Qaeda yang berseberangan dengan kelompok Houthi yang dibeking Presiden terguling Yaman Ali Abdullah Saleh dan pengikutnya.

Di kubu lain, ada pasukan pemerintah Presiden Yaman saat ini, Abdrabbu Mansour Hadi yang tengah berkonflik keras dengan Ali Abdullah cs plus kelompok Houthi.

Selain pasukan koalisi Arab Saudi, Al-Qaeda juga tengah berupaya menggempur kelompok Houthi yang kini telah menguasai Ibukota Sanaa sejak 6 bulan lalu.

Bahkan, kelompok Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) menawarkan 20 kg emas bagi siapa saja yang berhasil menangkap atau membunuh pemimpin Houthi Abdel-Malek al-Houthi.

Hal tersebut disampaikan dalam sebuah video yang didistribusikan situs sayap Al-Qaeda, yang dimuat Daily Star, Rabu 8 April 2015.

Emas 20 kg setara dengan uang sekitar Rp 10 miliar, jika harga emas ditaksir sekitar Rp 500 juta per kg.

Di tengah konflik panas antara kubu Houthi yang dibeking Ali Abdullah dengan Mansour Hadi yang disokong Arab Saudi, Al-Qaeda juga turut mengacaukan situasi baru-baru ini dengan menyerang Kota Mukalla, Yaman pekan lalu.

Serangan Al-Qaeda tersebut bertujuan untuk membebaskan pemimpin mereka yang ditahan oleh pemerintah Yaman saat ini.(Liputan6.com)

About Abu Nisrina

Check Also

Mantan Agen AS Sebut Pimpinan CIA Bertanggung Jawab Atas Kekacauan di Suriah

Satu Islam, Moskow – Kehadiran Rusia dalam konflik Suriah bertujuan membantu menyelesaikan krisis serta menolong …