Home / Internasional / Gaza Memanas Lagi, Palestina-Irael Saling Serang

Gaza Memanas Lagi, Palestina-Irael Saling Serang

An Israeli tank performs a manoeuvre after a five-hour humanitarian truce, near the border with the Gaza Strip July 17, 2014. Israeli leaders on Thursday played down prospects of a permanent Gaza ceasefire and fighting returned to a familiar pattern of Palestinian rocket salvoes and Israeli bombing after the five-hour humanitarian truce. REUTERS/Ronen Zvulun (ISRAEL - Tags: POLITICS CIVIL UNREST MILITARY CONFLICT) - RTR3Z2E0
Tank-tank tempur Israel menggempur Gaza setelah diserang roket semalam – Foto: Reuters

Satu Islam, Tel -Aviv – Pasukan Israel dilaporkan tengah melancarkan serangan ke wilayah Gaza. Serangan tersebut dilakukan setelah serangan roket yang berasal dari Gaza menerjang wilayah tak berpenghuni di Sderot, Israel.

Seperti yang dilansir The Times of Israel pada Jumat, 24 April 2015, sumber keamanan Israel mengatakan tank-tank telah diarahkan menembaki sebuah kamp pelatihan militer Gaza utara milik sayap militer Hamas, Al-Qassam. Tidak ada laporan korban jiwa dalam serangan Israel tersebut.

Ada laporan di media Ibrani yang mengatakan bahwa satu atau dua roket tambahan mungkin telah diluncurkan dan mendarat di daerah kantong Palestina. Namun, para pejabat Israel belum mengkonfirmasi hal tersebut.

Al Arabiya juga melaporkan, mengutip keterangan dari militer Israel pada Jumat 24 April 2015 yang mengklaim, serangan tank-tank tempur mereka ditargetkan terhadap basis-basis kelompok Hamas.

“Serangan telah ditargetkan pada infrastruktur ‘teroris’ di utara Jalur Gaza,” bunyi pernyataan militer Israel.

Sebelumnya telah terjadi serangan roket yang ditembakan dari arah Gaza ke wilayah terbuka Israel. Meskipun tak ada korban jiwa, tetapi serangan roket tersebut telah menyulut kemarahan Israel.

Israel sebelumnya telah mengkonfirmasi serangan roket dari arah Jalur Gaza semalam yang mengantam Israel selatan. Serangan roket berlangsung saat Israel memperingati pendirian negara Yahudi itu. (Baca: Israel Diserang Roket dari Gaza)

“Peringatan sirene terdengar di komunitas Sderot selatan dan Gevim setelah serangan roket muncul dari Jalur Gaza. Tidak ada kerusakan yang dilaporkan,” kata militer Israel dalam pernyataan.

Serangan ke Israel tersebut mengejutkan karena terjadi di tengah persiapan Israel menuju perayaan hari kemerdekaannya.

Pada musim panas lalu (Juli-Agustus 2014), Israel dan Hamas terlibat perang di Jalur Gaza. Hamas berkali-kali meluncurkan serangan roket ke Israel, yang dibalas dengan serangan pesawat jet tempur.

Perang itu berlangsung hingg 50 hari dengan korban tewas di Gaza sebanyak 2.140 warga Palestina, yang kebanyakan warga sipil. Sedangkan dari pihak Israel, sebanyak 73 orang tewas yang sebagian besar tentara.

About Abu Nisrina

Check Also

RI Minta AS Tekan Israel untuk Hentikan Kekerasan di Masjid Al-Aqsa

Satu Islam, Jakarta – Sedikitnya 3 warga Palestina dilaporkan tewas dan 50 luka-luka akibat bentrokan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *