Home / Internasional / Dalai Lama: Membunuh Atas Nama Agama Tindakan yang Buruk

Dalai Lama: Membunuh Atas Nama Agama Tindakan yang Buruk

dalai lama
Dalai Lama menyampaikan kepada warga Brisbane bahwa pesan utamanya adalah cinta kasih

Satu Islam, Brisbane – Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, menyampaikan pesan cinta dan kasih sayang kepada ratusan orang di Brisbane Convention Centre.

Pidatonya yang berjudul ‘The Wisdom of Compassion’ atau ‘Kebijaksanaan Welas Asih’ adalah salah satu acara utama dalam tur Australia 12-hari yang dilakoni pemimpin spiritual Tibet ini. Ia diperkenalkan oleh juara renang Ian Thorpe, yang menggambarkan Dalai Lama sebagai ‘manusia 80 tahun paling keren di dunia.

Dalai Lama mengajak penonton untuk menunjukkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang-orang dari semua agama dan bangsa.

“Pesan utamanya adalah selalu mencintai … kita semua benar-benar bersaudara. Jangan melihat keyakinan agama [mereka], apa kebangsaannya, apa rasnya. Apakah ia miskin? Apakah ia mempunyai jabatan yang tinggi?,” utaranya.

Membunuh atas nama agama tindakan yang buruk

Ia mengatakan, menyebarkan kasih sayang adalah cara untuk memecahkan banyak masalah dunia. “Alasan kita menghadapi begitu banyak masalah … banyak dari mereka adalah ciptaan kita sendiri. Yang terburuk adalah atas nama keyakinan agama, banyak orang kemudian membunuh,” ujarnya.

Dalai Lama menyampaikan kepada para pengunjung pidatonya, kebaikan mereka bisa membuat perbedaan di dunia.

Sementara itu, sekelompol pengunjuk rasa beraksi di luar gedung konvensi selama 2 hari berturut-turut.

Pendukung Buddha Shugden melakukan protes kecil tapi vokal, meneriakkan “Hentikan Dalai Lama yang bohong dan palsu” serta mengangkat berbagai poster.

Di sisi lain, sekelompok pendukung Dalai Lama berdiri di sisi lain jalan dan berteriak: “Kami mencintai Dalai Lama.”

Selama tinggal di Brisbane, Dalai Lama juga telah menyelenggarakan sesi pengajaran Buddha dan pertemuan dengan para pemimpin 10 agama dan lebih dari 800 perwakilan jemaat mereka di Katedral St Stephen.

Pada hari Sabtu 13 Juni 2015, Dalai Lama akan menuju ke Uluru untuk kembali menyampaikan pidato, kemudian melanjutkan perjalanan ke Perth untuk pidato dan sesi pengajaran lainnya.(Detikom)

About Abu Nisrina

Check Also

Mengenang Kegagalan Operasi Militer Amerika di Iran, 24 April 1980

Satu Islam, Teheran – Pada 24 April 1980, sebuah operasi militer Amerika Serikat untuk menyelamatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *