Home / Internasional / AS Lakukan Banyak Kejahatan Biadab di Vietnam

AS Lakukan Banyak Kejahatan Biadab di Vietnam

agentorange-vietnam220415
Korban agen oranye militer Amerika Serikat di Perang Vietnam. – Foto: Reuters

Satu Islam, Ho Chi Minh – Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengecam “kejahatan biadab” Amerika Serikat dalam intervensi militer di negaranya pada tahun 1960-an dan 70-an.

“Mereka melakukan kejahatan biadab yang tak terhitung jumlahnya, menyebabkan beragam kerugian dan rasa sakit untuk rakyat dan negara kita,” katanya di Ho Chi Minh pada Kamis 30 April 2015 saat perayaan ulang tahun ke-40 kemenangan pasukan Komunis Vietnam Utara menaklukkan rezim Saigon yang didukung Barat dalam “Perang Amerika”, sebutan warga lokal terhadap Perang Vietnam.

“The Great 1975 Spring Victory adalah lembaran indah dalam sejarah melindungi negara ini,” tambahnya.

Pada tanggal 30 April 1975, tank Vietnam Utara meluncur ke Saigon, ibukota Vietnam Selatan. Mereka menerobos gerbang istana presiden dan mengibarkan bendera komunis.

Perang Vietnam merenggut nyawa jutaan warga Vietnam, baik sipil maupun tentara Vietnam Utara dan Selatan, serta membuat ratusan ribu lebih terluka.

Diperkirakan ada 58.000 prajurit AS yang juga tewas dalam perang. Publik Amerika menyebutnya peristiwa tragis “pemborosan” nyawa para pemuda dan simbol penggunaan kekuasaan berlebih.

Pada 1971, Menlu AS saat ini John Kerry, yang merupakan tentara di Perang Vietnam, bersaksi di depan Senat. Ia mengatakan tentara Amerika melakukan perkosaan, memotong telinga, memenggal, melilitkan kabel telepon ke alat kelamin, meledakkan tubuh, dan secara acak menembaki warga sipil Vietnam. Dan, banyak lagi kejahatan lain yang dilakukan tentara AS selama Perang Vietnam.

Selain itu, selama konflik AS juga dilaporkan menyemprotkan hampir 76 juta liter dioksin Agen Oranye. Akibatnya, menurut pemerintah Vietnam, sekitar 4 juta warganya terpapar zat kimia berbahaya tersebut. Sebanyak 3 juta di antaranya menderita cacat seperti bibir sumbing, cacat mental, hernia, serta bagian-bagian tubuh yang membengkak.

About Abu Nisrina

Check Also

Pria California Dipenjara 16 Tahun Karena Bunuh 21 Kucing

Satu Islam, California – Seorang pria berusia 26 tahun di California dijatuhi hukuman 16 tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *