Home / Nasional / Inilah Ciri-ciri Hewan Qurban yang Sehat

Inilah Ciri-ciri Hewan Qurban yang Sehat

Satu Islam, Jakarta – Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat melakukan sidak kesehatan hewan qurban di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Petugas Sudin juga meminta warga memilih hewan kurban yang sehat. Ini kriterianya!

“Hewan qurban harus sehat, postur bagus, tidak pincang, lincah, nafsu makan dan minum juga bagus, umur cukup. Kambing 1 tahun dan sapi minimal 2 tahun,” kata Kasudin KPKP, Bayu Sari Hastuti saat ditemui di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu 23 Agustus 2017.

Bayu juga mengatakan mata kambing maupun sapi tidak boleh kotor dan berwarna merah. Selain itu, mulut hewan kurban tersebut tidak boleh dalam keadaan menganga ataupun ngiler.

“Ekor juga dari pangkal sampai ke ujung harus bersih. Kulit tidak jurusan dan tidak ada parasitnya,” ujarnya.

Dokter hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Hasudungan, juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya hewan qurban yang sehat bisa berdiri secara sempurna, lincah, dan tidak lemah.

“Dilihat dari kaki menapak sempurna, lincah tidak lemah, dan mau makan minum. Kalau domba atau kambing menaiki temennya, itu berarti normal. Kalau sakit dia tidur, tidak mau makan minum,” ucapnya.

“Sudah layak dikatagorikan hewan kurban itu. Kesehatannya, pernapasan, jantungnya, denyut nadinya, organ anusnya juga dicek,” sambungnya.

Sumber: Detikcom

Check Also

Isu Teror Kiai di Kediri Ternyata Karangan Tamu Pondok

Satu Islam, Kediri – SIsu laki-laki yang bernama Aziz yang mengancam kiai dan masayikh Pondok …

One comment

  1. Yth Admin Satuislam.org

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Melihat postingan ini https://satuislam.org/inilah-ciri-ciri-hewan-qurban-yang-sehat, sangat baik dan bagus untuk tu kami mohon Yth Admin untuk mencantumkan sumbernya…terutama gambarnya….

    postingan kami ada di https://disnak.lebakkab.go.id/memilih-hewan-qurban-yang-sehat/

    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.