oleh

Inilah Alasan Dibalik Gencatan Senjata Saudi

milisi_houthidlm
milisi Houthi

Satu Islam, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi, Kamis 7 Mei 2015, mengusulkan gencatan senjata lima hari di Yaman. Saudi beralasan gencatan senjata itu dilakukan untuk memberikan kesempatan pengiriman bantuan kemanusiaan di Yaman.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam jumpa persnya usai menggelar pembicaraan dengan Menlu AS John Kerry di Riyadh.

Kepadaa Kerry, Menlu Saudi mengatakan usulan gencatan senjata itu sudah dikordinasikan dengan berbagai organisasi internasional yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Namun sebagaimana yang dilaporkan Al-Alam, gencatan senjata itu mencurigakan. Pasalnya Human Right Watch (HRW) dalam laporannya menyatakan, Arab Saudi dan sekutunya terbukti telah menggunakan senjata jenis bom Cluster yang dilarang kala melakukan serangan di Saada Faj Attan.

Berkoordinasi dengan Amerika Serika (AS) dan Israel, pihak Saudi menggunakan senjata yang dilarang sebagai dalih bahwa Komite Revolusi dan tentara Yaman adalah pihak yang menolak gencatan senjata kemanusiaan yang telah dibicarakan selama lima hari.

Dan jelas bahwa pembicaraan tentang gencatan senjata adalah dalam rangka membenarkan kejahatan yang diharapkan, seperti dilansir  Al-Alam.
Riyad Yassin, Menteri Luar Negeri Presiden buronan Mansour Hadi telah menyodorkan permintaan intervensi darat dengan segala cara, sebagai bagian dari konfigurasi kejahatan ini. Selain itu ia mengajukan permintaan yang  disampaikan kepada Dewan Keamanan PBB untuk melakukan intervensi darat di Yaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed