oleh

IAIN Surakarta Telah Resmikan Pondok Tahfidz al-Qur’an

iainSatu Islam, Solo – Pondok Tahfidz Syifa’ul Qur’an sebagai upaya menjaga kesucian dan keluhuran kitab suci Al-qur’an kini merambah kampus IAIN Suarakarta.

Adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) telah meresmikan pondok yang berlokasi tidak jauh dari Kampus IAIN Surakarta, yaitu di Kampung Alun-alun Kidul Rt 4/II Pucangan, Kartasura, Sukoharjo.

Sebagaimana dilansir dari Timlo.net, Kamis 17 April 2014, Humas IAIN menyebutkan, pondok tersebut diresmikan oleh Wakil Rektor II Rahmawan Arifin MSi.

Dalam sambutannya Rahmawan mengaku sangat mendukung adanya pondok tahfidz. Program Tahfidz al-Qur’an, didirikan untuk merespon tuntutan zaman yakni hadirnya sebuah institusi  Pendidikan Tinggi Islam yang berlandaskan  Al-Qur’an (mengambil kompetensi unggulan TahfidzAl-Qur’an), memadukan khazanah keilmuan  klasik Islam  dengan keilmuan modern  serta  mengedepankan keseimbangan intelektual dan keimanan.

Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Noor Alwiyah MPd  menjelaskan, target dari adanya pondok ini adalah terjaganya hafalan para mahasiswa dan peningkatan hafalan.

Sementara ini hanya menampung 12 mahasiswi dari Jurusan PAI yang berminat untuk menghafal Al-Qur’an atau sudah memiliki hafalan Al-Qur’an.

“Akan ada dua pembina di pondok tahfidz atas nama Ilham Senjari dan Fajar Maghfiroh. Meski mereka masih duduk di bangku semester 2 PAI, namun mereka sudah hafal 30 juz,” pungkas Noor Alwiyah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed