Home / Humaniora / Renungan / Keistimewaan, Ibadah dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban

Keistimewaan, Ibadah dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban

Malam-Nisfu-Sya-ban
ilustrasi

Satu Islam – Seringkali kita mendapatkan sms untuk melakukan berbagai amalan-amalan keagamaan ketika malam Nisfu Sya’ban tiba. Tentunya ada keistimewaan tertentu ketika malam itu hadir. Nisfu Sya’ban sendiri berasal dari dua kata yaitu Nisfu dan Sya’ban, Nisfu memiliki makna pertengahan, sehingga Nisfu Sya’ban memiliki makna sebagai pertengahan bulan Sya’ban.

Dalam sebuah riwayat dikatakan pada waktu Nisfu Sya’ban tersebut terjadi peristiwa besar bagi umat muslim dimana terjadi pemindahan kiblat kaum muslimin dari baitul maqdis ke arah masjidil haram. Namun jika dirujuk dalam kalender Hijriyah maka Nisfu Sya’ban ini jatu tepat pada tanggal 14 Sya’ban atau bisa dipatok dengan menggunakan patokan rembulan adalah ketika matahari terbenam atau malam tiba. Ketika malam Nisfu Sya’ban ini tiba banyak sekali keistimewaan yang terjadi dan hal tersebut telah dijelaskan pada keterangan beberapa hadist seperti :

Usamah bin Zaid berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa dalam beberapa bulan seperti puasamu di bulan Sya’ban. Beliau menjawab, ‘Itu adalah satu bulan yang manusia lalai darinya. (Bulan itu adalah) bulan antara Rajab dan Ramadan, dan pada bulan itu amalan-amalan manusia diangkat kepada Rabbul ‘alamin, maka aku ingin supaya amalanku diangkat pada saat aku berpuasa.’ ” (HR. an-Nasa’i: 1/322, dinilai shahih oleh al-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil: 4/103)

Apabila hari Nisfu Sya’ban ini tiba maka inilah tatacara pelaksanaannya:

Usai Anda melaksanakan Shalat Maghrib, Anda disunatkan membaca Doa dibawah ini:

Doa-Nisfu-Syaban

Setelah selesai, maka Anda dianjurkan untuk membaca QS Yasin sebanyak 3 Kali diiringi niat sesudah 1 kali selesai membacakan surat Yasin, tata caranya kurang lebih seperti ini :

1. Selesai membaca QS yasin petama, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya: ‘Semoga Saya di berikan panjang umur yang Bermanfaat dan Barokah, Untuk Beribadah dan Ta’at kepada Alloh SWT’.

2. Selesai membaca QS yasin yang kedua, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya : ‘Semoga Saya ditetapkan iman dan islam, dan di jauhkan dari bala bencana Allah SWT’

3. Selesai membaca QS yasin yang ketiga, selanjutnya Anda berniat di dalam hati, Inilah Niatnya: ‘Semoga Saya di beri Rizki yang cukup juga bermanfaat dan barokah oleh Allah SWT’

About Abu Nisrina

Check Also

Jejak Cinta

Oleh: Muhsin Labib Satu Islam – Sahabat Salman al-Farisi adalah satu di antara tokoh Islam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *