Home / Humaniora / Renungan / 20 Langkah Menyongsong Cinta Baru di Tahun Baru

20 Langkah Menyongsong Cinta Baru di Tahun Baru

Satu Islam – Saat sebagian orang menutup tahun yang lama dengan penuh cinta, sebagian lainnya bisa jadi menutupnya dengan hati terluka. Kehilangan pasangan, perceraian, putus cinta, atau perasaan yang tidak kunjung berbalas menjadi beberapa faktor penyebab. Rasa sedihnya jangan sampai terbawa ke tahun yang baru, ah.

Tidak mudah, memang. Terlebih kebanyakan wanita lebih suka menganalisis dan terus mempertanyakan “mengapa” tentang duka atau kisah cinta tragis yang dialami. Bahkan ketika sudah mengetahui alasannya, muncul perasaan negatif lainnya. Entah menyalahkan diri, merasa dibuang, tidak berguna, lalu meratapi. Apa ada cara untuk mengurangi kesedihan dan kembali optimistis di tahun yang baru?

Gary W. Lewandowski Jr., psikolog di Universitas Monmouth, New Jersey, AS, mengeluarkan resep jitu mengatasi depresi yang disebabkan cinta. Ia menyebutnya jurnal rasa syukur. Bahwa, mereka yang fokus membuat tulisan tentang aspek positif sebuah perpisahan (faktor yang mengarah ke perpisahan, saat perpisahan, dan setelah perpisahan) merasakan emosi yang lebih positif tentang hubungan yang sudah berakhir dan bahkan tidak mengalami peningkatan emosi negatif. Emosi positif yang meningkat termasuk: kenyamanan, kepercayaan diri, pemberdayaan, energi, optimisme, kelegaan, kepuasan, rasa syukur, dan kebijaksanaan.

Diutarakan Rita Watson, M.P.H., kolumnis hubungan dan kesehatan asal AS, menulis jurnal untuk melepas emosi negatif hingga kembali sehat secara mental baik dilakukan. Namun butuh lebih dari itu agar prosesnya terasa nyata. Berikut 20 langkah yang disarankan Watson:

  1. Meratapi. Menangis. Bersedih. Bersembunyi di bawah selimut, tapi batasi agar tidak lebih dari 3 hari.
  2. Pada hari keempat, atau bahkan lebih cepat, bersyukur.
  3. Cobalah membuat jurnal rasa syukur.
  4. Tulis setidaknya 2 momen khusus di masa lalu dan Anda sangat berterima kasih karena itu.
  5. Mulai setiap hari berikutnya dengan rasa syukur.
  6. Jangan bicara buruk tentang mantan. Fokus hanya ke hal-hal positif.
  7. Jika Anda merasa sendirian dan jatuh ke dalam lubang yang gelap, temukan potret diri saat senang dan penuh cinta. Fokus ke bagian Anda pantas dicintai dan mendapatkan cinta yang baru.
  8. Jauhkan diri dari media sosial. Jika melihat teman yang tersenyum bahagia dengan kekasihnya dan itu terasa menyakitkan, ambil istirahat sejenak dari media sosial hingga perasaan Anda benar-benar segar.
  9. Hati-hati dengan harapan. Ketika Anda bertemu dengan seseorang yang baru, jangan memaksakan harapan pada orang itu.
  10. Jika Anda membuka situs media sosial dan melihat seseorang yang menarik, bukalah hubungan dengan tanpa tendensi apa pun. Tersenyum lebar dan bergembiralah, bolehlah sedikit genit ketimbang terus-menerus murung.
  11. Percayalah pada perasaan Anda. Jika terasa sesuatu yang salah, sudahi segera. Misalnya, jika seseorang yang menarik perhatian Anda sudah menikah, langsung coret namanya.
  12. Hindari si dia dengan sifat tertentu atau karakteristik cinta masa lalu, sekalipun profesi atau pekerjaan yang ditekuni berbeda.
  13. Memeluk dan dipeluk. Andai punya teman-teman yang dapat membantu memenuhi kebutuhan ini, segera hubungi mereka.
  14. Buat rencana dengan teman-teman yang optimistis. Teman-teman seperti ini akan mendorong Anda untuk tersenyum dan meraih kehidupan baru yang menyenangkan.
  15. Hubungi dan berbincanglah dengan orang yang akan membuat Anda tertawa hingga sakit perut.
  16. Akhiri hubungan yang lalu hingga benar-benar berakhir. Tidak menyimpan nomor kontak termasuk salah satu syarat.
  17. Selalu pasang wajah gembira, walau hanya pura-pura. Yakinlah, lambat laun perasaan terbawa gembira.
  18. Lakukan latihan fisik untuk membantu mengatasi kemurungan dan masalah tidur yang biasa dialami orang patah hati.
  19. Jadilah relawan dan berikan hati untuk membantu sesama. Siapa tahu bertemu jodoh sesama relawan yang berhati baik?
  20. Buat keputusan untuk bangkit dan bersiaplah menemukan cinta.

Sumber: Tabloid Bintang

About Abu Nisrina

Check Also

Lakukan 8 Cara Ini Agar Istiqomah di Jalan Allah

Oleh: Muhammad Badawi Satu Islam – “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *