Home / Humaniora / Mozaik Nusantara / Tujuh Tradisi Unik Menjelang Ramadhan

Tujuh Tradisi Unik Menjelang Ramadhan

Jalur Pacu
Lomba perahu di Riau dalam rangka menyambut bulan Ramadhan – foto: kebudayaanindonesia.net

Satu Islam, Jakarta – Marhaban yaa Ramadhan, tak terasa bulan suci Ramadhan akan segera datang. Setiap tahunnya, umat Islam memiliki banyak cara unik menyambut bulan suci penuh berkah ini.

Termasuk di Indonesia sendiri yang notabene penduduknya beragama Islam. Di banyak daerah di tanah air, penduduknya memiliki aneka tradisi unik untuk menyambut bulan Ramadhan. Kira-kira seperti apa sih tradisi-tradisi unik menyambut bulan suci Ramadhan di Indonesia?

Berikut dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Wow Menariknya sajikan beberapa tradisi unik untuk menyambut bulan suci ini.

7. Nyadran

7. Nyadran
foto: guntursatriajati.blogspot.com

Nyadrah yang disebut juga ziarah kubur merupakan tradisi menyambut Ramadhan yang biasa dilakukan masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap orang akan berkunjung ke makam keluarga untuk berziarah sambil mendoakan mereka yang sudah meninggal.

Tradisi ini diwariskan sejak zaman Wali Songo sebagai bentuk akulturasi Islam dengan budaya Jawa yang masih terpengaruh animisme kala itu. Tradisi ini tak hanya dalam bentuk ziarah, tapi juga dilakukan di masjid atau mushala.

6. Nyorog

6. Nyorog
foto: panduanwisata.id

Masyarakat Betawi di Jakarta memiliki tradisi nyorog dalam menyambut bulan Ramadhan. Setiap orang yang hendak melakukan tradisi ini akan mengantarkan bingkisan untuk orang-orang terdekat. Isi bingkisan itu sendiri berupa makanan yang sudah jadi maupun yang masih mentah.

Tradisi ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga, kerabat atau tetangga dekat.

5. Munggahan

5. Munggahan
foto: blogspot.com

Dalam rangka menyambut Ramadhan, semua orang berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling bermaaf-maafan sambil menikmati sajian khas Ramadhan. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, terutama suku Sunda.

4. Jalur Pacu

4. Jalur Pacu
foto: blogspot.com

Di Riau, terutama di Kabupaten Kuantan Singingi, masyarakatnya memiliki tradisi unik untuk menyambut Ramadhan. Mereka mengadakan lomba mendayung yang dikenal dengan sebagai “Jalur Pacu”.

Lombanya cukup sederhana, satu kelompok terdiri dari banyak peserta dan setiap kelompok menggunakan satu perahu. Setiap tim harus bekerja sama mendayung perahu agar bisa sampai ke garis finish lebih dulu. Biasanya, lomba ini diselenggarakan di beberapa sungai di Riau.

3. Apeman

3. Apeman
foto: sosromenduran.com

Masyarakat di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki tradisi unik untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi yang dikenal dengan nama apeman atau ruawahan itu dilakukan dengan memasak kue tradisional bernama apem. Kue yang terbuat dari tepung beras ini menyimbolkan permohonan maat atas dosan yang pernah dilakukan.

2. Meugang

2. Meugang
foto: blogspot.com

Meugang merupakan saat di mana hewan ternak disembelih. Biasanya kegiatan menyembelih hewan ini dilaksanakan dua hari menjelang Ramadhan yang dilakukan masyarakat Aceh. Setelah hewan disembelih, beberapa daging akan dibagikan sementara sebagian lagi disantap ramai-ramai bersama keluarga.

1. Balimau

1. Balimau
foto: zainbie.com

Balimau atau dalam bahasa Indonesia berarti berlimau, merupakan tradisi unik yang biasa digelar orang Minang menjelang Ramadhan. Masyarakat Minang biasanya menggunakan limau untuk mencuci rambut yang bermakna menyucikan diri menyambut Ramadhan.

Sumber: VIVA.co.id

About Abu Nisrina

Check Also

Inilah Kekayaan Tradisi Muslim Kazakhstan: Musik, Tari hingga Permadani

Satu Islam, Turkistan – Tidak hanya sejarah peradaban Islam dan keramahan warga muslim, budaya juga …

One comment

  1. i love become moeslim indonesia…… negeri kaya budaya dan makna. islam indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *