Home / Humaniora / Mozaik Nusantara / Misteri Hilangnya Danau Garam Terbesar di Dunia

Misteri Hilangnya Danau Garam Terbesar di Dunia

danau-urmia_663_382
Danau Urmia – Foto: Amusing Planet

Satu Islam, Azerbaijan – Danau Urmia adalah danau garam di Iran. Danau ini terletak antara provinsi Azerbaijan Timur dan Barat Azerbaijan,  di bagian selatan Laut Kaspia.

Ini adalah danau terbesar di Timur Tengah, dan danau garam yang terbesar kedua di dunia.

Seperti dilansir Amusing Planet, danau ini memiliki luas permukaan sekitar 5.200 km persegi atau 2.000 mil persegi, panjangnya 140 kilometer, dan lebarnya 55 kilometer, dan kedalamannya 16 meter. Danau ini merupakan daerah pertanian yang penting dengan 6,4 juta orang bergantung hidup di sekitar danau itu.

Berdasarkan tingkat salinitas yang tinggi, danau tidak mempertahankan spesies ikan. Meskipun demikian, Danau Urmia dianggap sebagai salah satu danau yang menyimpan habitat alam terbesar Artemia, yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi burung migran seperti Flamingo. Sebagian besar daerah danau dianggap sebagai taman nasional.

Namun selama dua dekade terakhir, danau ini telah menyusut drastis. Pada ujung selatannya hampir mengering mengurangi luas permukaan sekitar 2.000 kilometer persegi dan volume airnya juga menyusut hampir 95 persen. Pengalihan air untuk proses irigasi dan kekeringan berkepanjangan merupakan salah satu penyebabnya.

Danau Urmia adalah danau endorheic yang berarti bahwa danau ini memiliki arus keluar, dan satu-satunya air  danau yang menguap. Sebanyak tiga belas sungai akan mengairi danau itu, salah satunya sungai terbesar Zarrineh Rood  yang mengairi danau paling banyak. Tidak hanya dari belasan sungai yang mengairi namun curah hujan juga berperan penting. Kini jumlah sumur pompa air tanah meningkat menjadi lebih dari 70.000 pada tahun 2005.

Mengeringnya Danau Urmia telah mempengaruhi populasi udang. Danau air asin ini bertanggung jawab untuk produksi ganggang danau dan populasi burung migran yang beragam yang memakan udang. Hilangnya udang pada air garam  akan berdampak hilangnya banyak populasi burung migran di Danau Urmia dan mempengaruhi keberlanjutan seluruh ekosistem.

Mengeringnya Danau Urmia, bagaimanapun mendasari masalah air yang lebih luas. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa danau besar Iran juga telah mengering, salah satunya danau terbesar ketiga Iran yaitu Hamoun. (VIVA.co.id)

About Abu Nisrina

Check Also

Minimnya Catatan Sejarah Jejak Ulama Nusantara

Satu Islam, Jakarta – Sejarah berkembangnya Islam di Nusantara dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *