oleh

Hati-hati! Resiko Kematian Punya Istri Cerewet

istri-cerewet
ilustrasi

Satu Islam, Michigan – Kepada para istri, bertengkar masalah sepele atau cerewet di rumah dapat meningkatkan tekanan darah suami Anda. Sehingga sang suami mungkin menderita gangguan jantung lebih cepat dan berujung kematian.

Menurut penelitian dalam Journals of Gerontology, istri stres dapat meningkatkan tekanan darah suami yang dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Untuk meneliti temuan tersebut, peneliti menggunakan sistolik tekanan darah sebagai alat ukur.

Hasilnya ternyata mendukung penelitian sebelumnya yang menegaskan stres dan hubungan berkualitas memiliki efek langsung dan moderasi pada sistem kardiovaskular.

“Namun, kami menemukan bahwa suami lebih sensitif terhadap istri yang stres daripada sebaliknya, terutama mengingat penelitian menunjukkan bahwa istri lebih dipengaruhi oleh ikatan perkawinan,” kata penulis penelitian, Kira S Birditt dari lembaga penelitian sosial University of Michigan.

“Temuan ini mungkin akibat dari suami yang mengandalkan dukungan istri yang mungkin tidak diberikan ketika istri sedang stres,” tambah Birditt.

Penelitian ini meneliti beberapa pertanyaan seperti apakah stres kronis bisa memprediksi tekanan darah atau apakah hubungan antara stres kronis dan tekanan darah bervariasi antara suami dan istri.

Pertanyaan lainnya adalah apakah kualitas hubungan negatif bisa memprediksi tekanan darah atau apakah hubungan antara kualitas hubungan negatif dan tekanan darah bervariasi berdasarkan gender.

Dengan memperhatikan secara khusus dampak dari kualitas hubungan negatif, para peneliti menemukan bahwa efek tidak ditemukan ketika meneliti individu. Namun efek akan terlihat saat meneliti interaksi antara pasangan suami-istri.

“Sangat penting untuk menilai pasangan secara keseluruhan daripada individu ketika meneliti perkawinan dan kesehatan,” kata para penulis.(DREAM.CO.ID)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed