oleh

Hadiah 100 Mobil Bentley Atas 944 Mayat Yaman

ALWALEED-BIN-TALAL-facebook
Pangeran Arab Al-Waleed bin Talal – Foto: Reuters

Satu Islam, Riyadh – Seorang bangsawan kaya raya Arab Saudi keluarga kerajaan Pangeran Alwaleed bin Talal menuai kritik di media sosial setelah menawarkan mobil mewah kepada para penerbang tempur yang berpartisipasi dalam pemboman di Yaman.

Di akun Twitternya, Pangeran Alwaleed bin Talal dari menjanjikan akan memberikan satu unit mobil mewah Bentley bagi setiap pilot jet tempur Saudi yang terlibat dalam operasi pengeboman Yaman, dalam kampanye militer melawan kelompok Houthi. Belakangan, postingan itu dihapus.

Pangeran Alwaleed mengatakan akan membagi-bagikan sekitar 100 mobil Bentley. “Untuk menghormati 100 pilot Saudi saya akan memberi mereka 100 mobil Bentley,” kata Alwaleed.

Tawaran menggiurkan tersebut ditanggapi beragam reaksi. Lebih dari 28 ribu orang men-share postingan tersebut, dan 5.000 lainnya menjadikannya favorit.

Bagi warga Yaman, hadiah mobil mewah itu dinlai menyakitkan. Betapa tidak, ribuan nyawa telah menjadi korban dan infrastruktur Yaman hancur oleh invasi Saudi.  Bukannya memperbaiki infrastruktur Yaman yang telah hancur, Saudi malah menghamburkan uagnya untuk mnghadiahi pembunuh.

twit-talal-hadiah-mobil“100 mobil Bentley untuk 100 pilot yang mengebom Yaman. Sementara, tak satu pun ambulans untuk semua rumah sakit yang mereka (Saudi) hancurkan,” kata seorang warga Yaman, seperti dimuat BBC, Kamis 23 April 2015.

Warga Yaman lain, yang sempat membagi foto yang menunjukkan kehancuran rumahnya akibat serangan udara Arab Saudi menulis di Twitter: “Pangeran Al Waleed memberikan 100 Bentley untuk para pilot tempur Saudi. Sebaliknya, apartemenku hancur akibat ledakan. Aku bertaruh, semangatku lebih tinggi daripada pilot-pilot itu.”

Lainnya menyoroti kesenjangan antara orang-orang yang hidup di Yaman — salah satu negara miskin di dunia dan tetangga kayanya di Arab Saudi. “Apakah hidup 100 atau 200 orang layak dipertukarkan untuk sebuah Bentley. Betapa murahnya nyawa manusia,” kata seorang pengguna Twitter di Yordania.

Alwaleed, pangeran berusia 60 tahun termasuk anggota kerajaan Saudi yang paling kaya dan termasuk salah satu manusia terkaya di dunia. Ia diperkirakan menguasai kekayaan senilai 23 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp297,4 triliun). Alwaleed juga  memiliki saham senilai US$ 300 juta di Twitter.

Saudi menggempur kelompok Houthi  di Yaman selama tiga pecan lebih. Pada hari Selasa, Saudi mengumukan akan menghentikan serangan udara namun beberapa jam kemudian serangan udara kembali dilakukan.

Organisasi kesehatan duna i WHO melaporkan, serangan udara yang dilancarkan oleh Arab Saudi ke wilayah Yaman sejak Maret lalu tercatat telah menewaskan setidaknya 944 orang dan melukai 3.487 lainnya hingga 17 April kemarin.  Saudi mengklaim serangan udara di Yaman sukses dan kini fokus mencari jalan keluar diplomatis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed