Home / Editorial / Pro-Kontra Verifikasi Media Massa

Pro-Kontra Verifikasi Media Massa

Oleh: Mujib Munawan

 

Foto: Republika

Satu Islam – Dewan Pers telah melakukan verifikasi terhadap sejumlah perusahaan media massa. Hal ini dilakukan untuk melihat media mana saja yang memang layak dan menjunjung tinggi profesionalitas jurnalistik.

Saat ini ada 77 perusahaan pers yang terdaftar di bawah dewan pers yang telah terverifikasi. Sebanyak 1178 media massa akan diverifikasi tahun 2017 dan ditingkatkan kompetensi 10.000 jurnalis

Landasan Dewan Pers melakukan verivikasi di antaranya adalah UU no. 40/99 tentang pers dan Piagam palembang th 2010.

Faktanya sekarang ini ada 43.400 media online, dan hanya sebanyak 234 yang terdaftar di dewan pers.

Sebanyak 79 juta orang di Indonesia adalah pengguna aktif  sosial media dari sejumlah 86.1 juta pengguna internet. Betapa bebasnya berita lalu lalang di media yang kita peroleh, dan tidak tahu apakah berita itu hoax atau bukan.

Sebenarnya tujuan utama Dewan Pers melakukan verifikasi adalah untuk menangkal maraknya hoax dan berita palsu. Meskipun juga dalam rangka meningkatkan profesionalisme perusahaan pers.

Ahmad Hanafi Rais, Wakil Komisi 1 DPR mengatakan bahwa verifikasi media massa ini menyalahi tupoksi Dewan Pers karena Dewan Pers hanya bertugas dan berfungsi mendata media massa, bukan memverifikasi. Karena ditakutkan akan mengekang kebebasan jurnalistik.

Sementara itu, Jimmy silalahi, Anggota Dewan Pers menjelaskan bahwa verifikasi ini justru adalah proses pemenuhan UU Pers, yaitu untuk penataan pers. Verifikasi wajar bagi perusahaan yang serius dan ingin meningkatkan pofesionalismenya. Dan jangan disalahartikan juga bahwa yang belum diverifikasi, bukan media yg benar. Proses verifikasi tetap terus berlanjut. Kami menargetkan verifikasi ini akan selesai pada tahun 2018 Terutama untuk media yang berbadan perusahaan, karena lain juga media yang berbasis komunitas dan sebagainya.

About Abu Nisrina

Check Also

Inilah Milisi Moderat Indonesia yang Siap Melawan Kelompok Radikal

Satu Islam, Jakarta – Jika di Lebanon ada milisi muqawamah Hizbullah yang dipersiapkan untuk bertempur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *