Home / Internasional / Donal Trump ke Raja Saudi: Kalian Hanya Bertahan 2 Minggu tanpa Kami

Donal Trump ke Raja Saudi: Kalian Hanya Bertahan 2 Minggu tanpa Kami

Selama unjuk rasa di Southaven, Mississippi, presiden AS mengatakan bahwa Raja Salman dari Arab Saudi tidak akan tetap berkuasa “selama dua minggu” tanpa dukungan militer AS.

Arab Saudi adalah salah satu sekutu terdekat dari AS di Timur Tengah, namun selama masa kampanye sebelum pemilihan paruh waktu bulan November, Trump membuat pernyataan tentang hubungan AS – Saudi,  seperti dilaporkan Reuters.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah kalian mengatakan mereka kaya. Dan saya mencintai Raja, Raja Salman. Tapi saya katakan ‘Raja – kami melindungi Anda – Anda mungkin tidak bertahan di sana selama dua minggu tanpa kami, Anda harus membayar untuk militer Anda, Anda harus membayar’ “kata Trump kepada kerumunan pendukung yang bersorak-sorai.

Trump tidak menyebutkan kapan tepatnya dia mengatakan kata-kata ini kepada Raja Saudi. Terakhir kali kedua pemimpin berbicara pada Sabtu 29/9/18 melalui telepon, membahas upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pasokan guna memastikan stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global setelah sanksi terhadap minyak Iran mulai berlaku, menurut kantor berita Saudi, SPA.

Arab Saudi adalah pengekspor minyak terkemuka dunia. Kebijakan OPEC baru-baru ini dikritik oleh Trump karena harga minyak yang tinggi. Selama Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York bulan lalu, Trump mengatakan kepada para anggota OPEC “Kami membela banyak dari negara-negara ini untuk apa?, dan kemudian mereka memanfaatkan kami dengan memberi kami harga minyak yang tinggi. Tidak baik. Kami ingin mereka berhenti menaikkan harga, kami ingin mereka mulai menurunkan harga.” (sputnik)

Check Also

Bangsawan Saudi ‘Menghilang’ setelah Bertanya tentang Khashoggi

Setidaknya lima bangsawan Saudi dilaporkan hilang setelah mereka berusaha menyuarakan ketidakpuasan dengan hilangnya jurnalis Jamal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.