oleh

Delegasi Taliban Sambangi Iran Bahas Upaya Damai dengan Pemerintah Afghanistan

Bahas Upaya Damai Afghanistan, Delegasi Taliban Sambangi Iran
Delegasi Taliban Sambangi Iran

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, perwakilan Taliban dari Afghanistan tiba di Teheran, kemarin. Kedatangan delegasi Taliban ini untuk membahas upaya damai di Afghanistan.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi pembicaraan itu dirancang untuk menetapkan parameter negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

“Delegasi Taliban berada di Teheran kemarin. Mereka melakukan negosiasi komprehensif dengan Wakil Menteri Luar Negeri Iran,” ucap Qassemi, seperti dilansir Reuters pada Senin (31/12).

Baca juga China Akan Bantu Jembatani Perpecahan Afghanistan dan Pakistan

Sementara itu, sebelumnya, Taliban dilaporkan telah menolak seruan pemerintah Afghanistan untuk melakukan pembicaraan damai resmi, yang rencananya akan digelar di Arab Saudi pada awal tahun depan.

Berbicara dengan syarat anonim, seorang pemimpin Taliban mengatakan bahwa perwakilan kelompoknya akan bertemu pejabat Amerika Serikat (AS) di Jeddah untuk perundingan putaran kelima dalam beberapa hari ke depan, tetapi tidak dengan perwakilan pemerintah Afghanistan.

“Kami akan bertemu para pejabat AS di Arab Saudi pada Januari tahun depan dan kami akan memulai pembicaraan kami yang tetap tidak lengkap di Abu Dhabi. Namun, kami telah menjelaskan kepada semua pemangku kepentingan bahwa kami tidak akan berbicara dengan pemerintah Afghanistan,” kata pemimpin Taliban itu.

Menurut laporan Alalam juru bicara kelompok Taliban Zabihullah Mujahid yang pernah sempat berkuasa di Afghanistan, Selasa (1/1/2019), menyatakan pihaknya telah berkunjung  ke Iran dalam rangka mengupayakan perdamaian di Afghanistan.Pernyataan ini merupakan konfirmasi atas pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasimi sehari sebelumnya bahwa delegasi Taliban yang dikenal memusuhi Iran belakangan ini justru telah melawat Iran dalam rangka mewujudkan stabilitas di Afghanistan.

Zabihullah Mujahid dalam sebuah statemennya  menyatakan, “Delegasi Taliban dikirim ke Teheran untuk berunding dengan para pejabat (Iran) mengenai situasi di Afghanistan pasca pendudukan dan tercapainya perdamaian dan keamanan di negara ini serta kawasan regional dan negara-negara tetangga.”

Baca juga Iran: Perang Dunia III Bisa Pecah Dipicu Teroris

Dia menjelaskan bahwa delegasi Taliban memang melakukan kunjungan secara kontinyu ke negara-negara jiran Afghanistan demi mendapatkan dukungan politik dan moral dari mereka serta demi menggalang kerja sama dengan mereka dalam upaya mengakhiri pendudukan Afghanistan oleh Amerika Serikat (AS) dan mewujudkan perdamaian.

Kunjungan itu dilakukan melalui koordinasi dengan otoritas Afghanistan serta dalam konteks peranan Iran sebagai kekuatan regional yang berpengaruh untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan, negara yang telah sekian lama didera dua perang, terutama sejak kelompok-kelompok teroris tumbuh subur di Afghanistan akibat pendudukan atas negara ini oleh AS. (sindo/LI/alalam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed