oleh

Cerita WNI di Utrecht Salat Idul Fitri di Atas Lapangan Sepakbola

WNI di Utrecht menunaikan salat Id di lapangan sepakbola, 25 Juni 2017 – Foto: Ristiyani Handayan

Satu Islam, Utrecht – Ada pemandangan berbeda yang dilakukan WNI di Utrecht, Belanda saat menunaikan salat Idul Fitri tahun ini. Mereka salat di atas lapangan sepakbola, tepatnya di Sportpark Vechtzoom. Apa sebabnya?

Ternyata, musala yang disewa komunitas Muslim Indonesia di Utrecht yang tergabung dalam Stichting Generasi Baru (SGB) sudah tidak mampu menampung jemaah yang terus bertambah. Selain itu, Idul Fitri tahun ini jatuh di hari Minggu sehingga banyak jemaah yang berdatangan. Dalam keterangan dari SGB, Minggu (25/6/2017), ini pertama kalinya mereka salat Id di lapangan terbuka.

Pelaksanaan salat Id dimulai pukul 09.00 waktu setempat dilanjutkan khutbah. Yang bertindak sebagai khatib yakni Ustaz Asep Nurhalim. Tema khutbah yang disampaikan adalah ‘Ramadan membentuk kepribadian yang mulia’.

Kemeriahan Idul Fitri 1438 H di Utrecht – Foto: Ristiyani Handayani

Seusai khutbah, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan santap siang menu khas Idul Fitri. Ada juga acara bazar hingga konser amal grup nasyid lokal.

“Meski dalam nuansa kebersahajaan, tanpa tradisi ketupat, tanpa gema takbir sepanjang malam yang saling bersahutan, tanpa nuansa mudik seperti di tanah air, namun indahnya jalinan ukhuwah di perantauan membuat kami sedikit terobati akan rindu kampung halaman di Indonesia,” ujar salah seorang anggota SGB Ristiyanti Handayani.

Sumber: Detikcom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed