oleh

Brazil Tampung 1.400 Pengungsi Suriah

20150108201
Ilustrasi – Pengungsi Suriah membersihkan salju dari tenda mereka saat terjadi turun salju pemukiman sementara di Bar Elias, lembah Bekaa – Foto: Reuters

Satu Islam, Brasil – Tahun 2013 Pemerintah Brazil, menawarkan pemberian visa kemanusian dua-tahun buat pengungsi Suriah yang tengah dilanda konflik dan ingin meninggalkan negeri mereka untuk pergi ke negara Amerika Selatan itu

Xinhua melaporkan, mengutip majalah resmi pemerintah Brazil melalui Komite Nasional Urusan Pengungsi mengizinkan Kementerian Luar Negeri untuk memberi visa karena “alasan kemanusiaan”.

Brazil menawarkan visa kepada warganegara Suriah untuk memasuki negeri tersebut sehubungan dengan krisis kemanusiaan besar di negeri mereka dan sangat banyak orang Suriah yang ingin mengungsi ke Brazil, kata majalah itu.

Namun, Pemerintah Brazil tak menjelaskan berapa orang Suriah yang diperkenankan mengungsi ke Brazil.

Januari 2015 menurut data Pusat Pengungsi Nasional (CONARE), jumlah pengungsi asal Suriah di Brazil sekitar 1.400. Hal itu dinyatakan sebagai kelompok pengungsi terbesar di Brazil setelah pengungsi Angola dan Kolombia.

Secara keseluruhan, Brazil menerima 2.320 pengungsi tahun lalu, meningkat tiga kali lipat dari jumlah pada 2013 dan menjadi jumlah tahunan terbesar yang tercatat hingga saat ini, kata CONARE.

CONARE menyebut jumlah total pengungsi Suriah sebanyak 1.739 orang sementara itu pengungsi Angola dan Kolombia sebanyak 1.071 dan 834 orang.

Seiring dengan meningkatnya skala konflik di Suriah, dengan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebut jumlah korban tewas sejak 2011 sebanyak 200 ribu serta ribuan yang lain mengungsi, Brazil telah mempercepat izin masuk bagi para pengungsi.

CONARE memperkirakan 7048 pengungsi berada di bawah perlindungan Brazil, terutama yang terkait dengan kasus pelanggaran hak asasi manusia atau hukuman karena agama, politik, dan ras, demikian laporan AFP.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed