oleh

Biasa Serang Mendadak, Hizbullah Satu-satunya Ancaman Israel

hezbollah-lebanon-2
ilustrasi

Satu Islam, Tel Aviv – Pejabat tinggi Kementerian Intelijen Israel percaya bahwa Kelompok Hizbullah adalah ancaman yang lebih berbahaya dibandingkan dengan nuklir Iran. Kelompok milisi yang merupakan sekutu Iran tersebut telah menjadi ancaman bagi Israel semenjak kedua belah pihak bertempur sengit pada 2006.

“Satu-satunya pihak yang dapat menantang kami dengan serangan mendadak dengan saat ini adalah Hizbullah di Libanon,” kata Direktur Jenderal Kementerian Intelijen Israel, Ram Ben-Barak, dalam konferensi pers yang dikutip Reuters, Selasa 5 Mei 2015.

Ben-Barak menuduh Iran mencoba untuk mencari pijakan di wilayah Suriah, Yaman, Mesir, dan Palestina. Namun, ia menekankan bahwa Hizbullah adalah ancaman utama bagi Israel saat ini. Dia juga menyebutkan bahwa kekuatan HIzbullah saat ini dapat disamakan dengan kekuatan pasukan koalisi Arab yang bertempur dengan Israel pada 1967 dan 1973 dalam Perang Arab-Israel.

Pihak Israel percaya Kelompok Hizbullah memiliki lebih dari 100 ribu misil yang dapat digunakan untuk melumpuhkan infrastruktur-infrastruktur vital Israel. Untuk mencegah hal ini terjadi Israel telah memberikan ancaman untuk meluluh lantakkan Libanon jika serangan Hizbullah benar-benar dilakukan.

Sementara itu Israel juga secara rutin menerjunkan pasukannya di daerah Libanon dan Suriah sebagai usaha untuk memonitor dan terkadang menghancurkan distribusi senjata kepada Hizbullah.

Kepala intelijen militer Israel Mayor Jenderal Herzi Halevy yang mengunjungi Washington Maret 2015, juga menekankan mengenai bahaya yang ditimbulkan kelompok-kelompok militan seperti Hizbullah di Libanon, Houthi di Yaman, dan Pasukan Garda Revolusioner Iran (IRGC) di Suriah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed