loading...
Home / Nasional / Berpita Merah Putih, Ribuan Orang Ikuti Apel Nusantara Bersatu
loading...

Berpita Merah Putih, Ribuan Orang Ikuti Apel Nusantara Bersatu

berpita-merah-putih-ribuan-orang-ikuti-apel-nusantara-bersatu
Ribuan pelajar menghadiri gelaran Nusantara Bersatu di silang barat Monumen Nasional, Jakarta, 30 November 2016. – Foto: Tempo

Satu Islam, Jakarta – Ribuan orang dari berbagai unsur mengikuti puncak acara apel nasional dengan tajuk “Nusantara Bersatu” yang digelar di Silang Barat Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Apel nasional Nusantara Bersatu digelar serentak di seluruh Indonesia hari ini. Acara tersebut digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam rangka memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan.

Apel ini bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Peserta apel terdiri atas pelajar dari tingkat SMP sampai universitas, tokoh lintas agama, budayawan, pejabat publik, musisi, artis, dan lain sebagainya.

032348100_1480485971-20161129-sejumlah-tokoh-hadiri-gema-nusantara-di-jakarta-jt1
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dan Sejumlah Tokoh Lintas Agama menghadiri kegiatan Silaturahmi Nusantara Bersatu, di Monas, Jakarta, Rabu 30 November 2016 – Foto: Liputan6.com

Di Jakarta, apel digelar mulai pukul 07.30 WIB. Turut hadir Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dijadwalkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan memberikan orasi dalam acara yang diberi tema “Nusantara Bersatu, Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika”.

Ditargetkan 40.000 orang hadir dalam acara tersebut, setiap peserta ditandai dengan pita merah putih yang diikatkan di kepala.

Selain itu acara tersebut juga akan dihadiri Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, sesepuh ormas Islam Majelis Rasulullah SAW Jakarta Pusat Habib Nabil, Wahid, Ketua Umum AMPI Dito Ariotedjo dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib M Lutfi bin Ali Yahya.

Acara juga dimeriahkan lantunan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Merah Putih dan lainnya yang diiringi Kartika Orkestra. Berbagai atraksi seni dari sejumlah daerah di Tanah Air memeriahkan Apel Nusantara Bersatu ini.

apel-nusantara-bersatu
Foto: pojoksatu.id

Apel dibuka oleh penampilan marching band dari Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan. Disusul dengan tari Reog Ponorogo, ondel-ondel, dan tarian Betawi.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, kerumunan elemen masyarakat di acara ini sebagai bukti bangsa Indonesia berjiwa patriot.

“Ini buktinya dalam dua hari sejak digagas semuanya bersatu. Semua bersama-sama menyumbangkan apa yang bisa diperlihatkan, alangkah indah di seluruh Indonesia,” ucap Gatot.

Direktur Eksekutif Wahid Institute Yenny Wahid mengajak seluruh peserta Apel Nusantara Bersatu untuk menyebarkan virus cinta terhadap bangsa Indonesia ke seluruh daerah.

“Acara ini kita jadikan komitmen untuk menyebarkan virus-virus cinta. Kita adalah generasi cinta dan cinta pertama kita selain kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa dan kedua cinta kepada bangsa,” kata Yenny.

loading...

Check Also

Lelaki Pengancam Kiai Ponpes Al-Falah Meracau Saat Diperiksa

Satu Islam – Pasca pengancaman kepada Kiai dan masayikh pondok pesantren (ponpes) Al- Falah Ploso, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

loading...