oleh

Banser NU Turunkan 25 Ribu Personelnya Amankan Natal

136525_banser-nu_663_382Satu Islam, Surabaya – Kerawanan tindakan kekerasan yang dilakukan ekstrimis intoleran pada perayaan Natal dan Tahun Baru disikapi Satuan Tugas (Satgas) Barisan Serba Guna (Banser) Pemuda Ansor Jawa Timur dengan menurunkan 25 ribu anggotanya guna membantu petugas Polisi.

“Kami perintahkan semua personel Banser ikut terjun langsung mengamankan gereja-gereja yang tersebar di Jawa Timur,” ujar Ketua PW GP Ansor Jatim, Alva Isnaeni, Sabtu, 21 Desember 2013.

Bagi Banser Nahdlatul Ulama (NU) kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, khusus tahun ini keikutsertaan membantu tugas kepolisian sejak 23 sampai 27 Desember 2013.

“Tidak hanya membantu pengamanan di depan Gereja, Banser juga ikut membantu polisi lalu-lintas yang bertugas mengamankan arus lalu lintas di sekitar Gereja,” ujarnya.

Dalam rangka mengantisipasi kerawanan menjelang Natal dan Tahun Baru, Densus 99 Banser sudah menurunkan personelnya guna mengamati perkembangan dan potensi ancaman.

“Densus 99 Banser bertugas mengamati dan mencari tahu atau memetakan kerawanan yang akan terjadi. Berdasarkan laporan yang kami terima, ada beberapa daerah sudah disasar oknum tak bertanggung jawab, seperti Surabaya, Malang dan kawasan Mataraman,” ujarnya.

Menurut Alva Isnaeni keterlibatan pemngamanan gereja secara sukarela oleh Banser sudah menjadi tradisi Ansor.

“Itu demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata dia.

Menurutnya sebagai komponen anak bangsa pihaknya merasa terpanggil  mengemban tanggung jawab menjaga keutuhan NKRI. Itu dilakukan dengan berkoordinasi dengan Polda Jatim dan pimpinan TNI.

“Ini wujud konkrit bahwa Banser sebagai penjaga kebhinekaan. Selain itu, juga sebagai jati diri Banser yang didalamnya kader bangsa,” katanya.

Di malam tahun baru, GP Ansor  mendirikan posko pengamanan di setiap kabupaten/kota. Harapannya, selama Natal dan Tahun Baru berjalan lancar dan tertib.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed