Home / Internasional / Balas Cemoohan Trump, MBS: Saya Suka Kerjasama dengan Trump

Balas Cemoohan Trump, MBS: Saya Suka Kerjasama dengan Trump

Hasil gambar untuk bin salman trump

Putra Mahkota Mohammed bin Salman memuji hubungan kerajaan dengan pemerintahan AS saat ini beberapa hari setelah Presiden Donald Trump memperingatkan bahwa negara Timur Tengah tidak akan bertahan “dua minggu” tanpa dukungan AS.

“Saya suka bekerja dengan dia (Trump),” kata MBS kepada Bloomberg yang berbasis di AS. MBS menambahkan bahwa kedua pemimpin telah “mencapai banyak hal di Timur Tengah, terutama melawan ekstremisme, ideologi ekstrimis, terorisme dan ISIS.

Pria berusia 33 tahun itu mengatakan normal bagi sekutu untuk berselisih dan pada akhirnya harus menerima bahwa “setiap teman akan mengatakan hal-hal baik dan hal-hal buruk”.

“Jadi, Anda tidak bisa memiliki 100 persen teman yang mengatakan hal-hal baik tentang Anda, bahkan di keluarga Anda. Anda akan salah paham. Jadi, kami memasukkan itu ke dalam kategori itu.

Pada kampanye di Mississippi pada hari Rabu lalu, Trump menyindir Riyadh dan mengatakan negara itu tidak akan bertahan “dua minggu” jika Washington menarik dukungan militernya.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda akan mengatakan mereka kaya? Dan saya mencintai raja, Raja Salman. Tapi saya katakan “Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak berada di sana selama dua minggu tanpa kita,” kata Trump. .

Itu bukan pertama kalinya Trump mengkritik Arab Saudi atas masalah ini. Pada awal 2015, Trump mengatakan Arab Saudi harus membayar lebih jika menginginkan perlindungan AS.

Kritik Trump tidak terbatas pada Arab Saudi saja. Dalam pidatonya kepada Majelis Umum PBB  presiden AS dalam nada yang sama memperingatkan negara-negara lain yang tidak disebutkan namanya untuk mengambil keuntungan dari AS.

“Ke depan, kami hanya akan memberikan bantuan kepada mereka yang menghormati kami dan, terus terang, adalah teman kami dan kami mengharapkan negara lain untuk membayar bagian mereka yang adil untuk biaya pertahanan mereka,” kata Trump pada saat itu.

Trump juga mengecam mitra NATO pada pertemuan puncak Mei di Brussels, menyesalkan bahwa  23 dari 28 negara anggota masih tidak membayar apa yang seharusnya mereka bayar dan apa yang seharusnya mereka bayarkan untuk pertahanan mereka.

Pada bulan Agustus, otoritas Saudi mengusir duta besar Kanada ke Riyadh dan memutuskan hubungan dengan Ottawa, mengutip serangkaian tweet yang mana kementerian urusan luar negeri Kanada menyerukan pembebasan aktivis HAM Saudi yang dipenjara, sebagai alasan untuk kemelut diplomatik.

Ditanya mengapa reaksinya terhadap  Kanada berbeda, putra mahkota mengatakan bahwa Kanada berusaha memaksakan kehendak mereka di Arab Saudi dan melanggar kedaulatannya.

“Ini benar-benar berbeda. Kanada, mereka memberi perintah ke Arab Saudi pada masalah internal. Itu bukan pendapat tentang Kanada tentang Arab Saudi sebanyak mereka memberikan perintah ke negara lain,” kata bin Salman.

“Trump sedang berbicara dengan orang-orangnya sendiri di Amerika Serikat tentang suatu masalah. Dan Anda mendapat jawabannya sekarang dari saya.”

Bin Salman juga ditanya tentang nasib aktivis Saudi yang ditahan sebelum pencabutan larangan mengemudi yang dikenakan pada perempuan. Putra mahkota mengatakan bahwa mereka tidak ditangkap karena aktivitas mereka tetapi karena “hubungan mereka dengan agensi dari negara lain”.

“Mereka memiliki jaringan, koneksi dengan orang-orang pemerintah, membocorkan informasi demi pemerintah-pemerintah lain ini,” katanya.

Pemerintah Saudi mengumumkan pada akhir Agustus bahwa mereka mencari hukuman mati untuk lima aktivis, termasuk  Israa al-Ghomgham, yang merupakan  wanita pertama yang menghadapi hukuman mati untuk pekerjaan yang terkait dengan hak asasi manusia, menurut kelompok-kelompok hak asasi manusia. (Aljazeera)

Check Also

Bangsawan Saudi ‘Menghilang’ setelah Bertanya tentang Khashoggi

Setidaknya lima bangsawan Saudi dilaporkan hilang setelah mereka berusaha menyuarakan ketidakpuasan dengan hilangnya jurnalis Jamal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.