oleh

Assad Bertemu Utusan Putin Bahas Masa Depan Suriah

Presidan Suriah Bashar al-Assad bertemu dengan utusan khusus Presiden Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentyev dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Vershinin. Ketiganya membahas situasi di Idlib dan pembentukan Komite Konstitusi.

“Pertemuan tersebut berfokus pada upaya menuju penyelesaian paling cepat pembentukan Komite Konstitusi dan peluncurannya sebagai langkah utama dalam mendorong proses politik yang dilakukan oleh Suriah di bawah mediasi PBB, seperti yang dibayangkan dalam resolusi Dialog Kongres Nasional Suriah di Sochi dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dikutip dari TASS, Sabtu (13/7/2019).

“Selain itu, pihak-pihak membahas secara rinci situasi di lapangan dengan fokus pada pentingnya menstabilkan situasi di Idlib dan melanjutkan perang melawan teroris yang diakui oleh Dewan Keamanan PBB,” kata kementerian itu lagi.

“Mereka juga bertukar pandangan tentang masalah pemulihan pasca-konflik di Suriah dan bantuan kepada para pengungsi Suriah yang kembali ke rumah mereka. Kedua pihak menekankan perlunya memastikan keamanan di Timur Tengah berdasarkan penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. negara di kawasan itu,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Rusia adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad bersama Iran dan kelompok Hizbullah. Rusia melancarkan operasi militer di Suriah setelah Presiden Bashar al-Assad meminta bantuan kepada Presiden Vladimir Putin. Keterlibatan Rusia, dan Iran, dalam perang saudara di Suriah merubah jalannya peperangan. Kini rezim Damaskus telah menguasai hampir 60% wilayah negara itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed