oleh

Amin Usulkan Koalisi Parpol Islam dengan Nasionalis

20130927Amien-Rais-Batam-270913-JOS-1xxSatu Islam, Jakarta – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengusulkan pembentukan Koalisi Indonesia Raya yang merupakan gabungan antara partai Islam dan nasionalis untuk menyelesaikan masalah bangsa.

“Koalisi poros tengah terlalu sempit. Saya mengusulkan istilah Koalisi Indonesia Raya, karena gabungan partai Islam tidak akan mampu memikul masalah bangsa ini seorang diri, sehingga butuh partisipasi partai nasionalis,” kata Amien Rais saat menghadiri pertemuan tokoh ormas dan pemimpin partai Islam di Cikini, Jakarta, Kamis.

Amien tidak menjelaskan partai nasionalis mana yang kira-kira dapat diajak bergabung dengan partai-partai Islam. Dia hanya berpesan agar pertemuan ormas dan pimpinan parpol Islam tersebut tidak berpandangan sempit dengan membayangkan bahwa poros partai Islam bisa memikul semua beban bangsa.

Sementara itu pertemuan itu sendiri, menurut Ketua Pelaksana Koalisi Politik Islam, Bachtiar Nasir, sengaja dimaksudkan untuk menggabungkan seluruh partai-partai Islam dalam sebuah koalisi besar.

Bachtiar mengklaim saat ini berkembang aspirasi arus bawah suara umat Islam yang menginginkan partai Islam bersatu memilih calon presiden dan calon wakil presidennya sendiri.

Bachtiar membantah jika pertemuan yang hanya mengundang tokoh dan parpol Islam itu bernuansa sektarian. Menurutnya, wajar jika partai Islam akan membentuk koalisi sendiri, karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam.

“Lagipula bisa dilihat bahwa umat Islam itu di seluruh dunia toleran,” kata Bachtiar. (antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed