oleh

Aceh Buka Muzakarah Tauhid Tasawuf Se-Asia Tenggara

waliii
Wali Nanggroe Buka Muzakarah Tauhid Tasawuf Se-Asia Tenggara Dok : Diliput News

 

Satu Islam, Blangpidie – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir Jufri Hasanuddin, MM menyatakan siap menggelar Muzakarah Tauhid Tasawuf ke tiga Se-Asia Tenggara pada Jum’at 6 Juni 2014, yang akan diikuti ratusan ulama dari dalam maupun luar negeri. Acara yang diikuti belasan negara ini direncanakan akan dibuka oleh Wali Nanggroe Aceh Tgk Malek Mahmud Al-Haitar.

Kesiapan itu disampaikan Bupati Abdya didampingi Ketua Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) se Asia Tenggara Abuya Syech H Amran Waly dan Ketua Panitia Drs Ramli Bahar dalam konperensi pers di pendopo Bupati setempat, Rabu 4 Juni 2014 sore.

Jufri, dihadapan wartawan mengaku, Muzakarah Tauhid Tasawuf se-Asia Tenggara di Abdya tersebut merupakan yang ketiga selama dibentuk. Untuk yang pertama penyelenggaraan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat pada Tahun 2010 lalu, kemudian ke dua di Selangor Malaysia dan yang ketiga di Abdya.

Pelaksanaan Muzakarah Tauhid Tasawuf selama tiga hari sejak tanggal 6 sampai 8 Juni 2014 diikuti 550 peserta terdiri 150 ulama dari luar negeri dan 400 orang dari dalam negeri. Dalam acara itu akan digelar muzakarah, seminar, dam pameran pembangunan. Lokasi pelaksanaan ditempatkan di komplek perkantoran pemerintah Abdya Jalan Bukit Hujau Keude Paya, Blangpidie.

Untuk pelaksanaan acara yang digagas oleh Abuya Syech H Amran Waly, Pemerintah Abdya menyiapkan anggaran di APBK Tahun 2014 Rp 1.2 Milyar. “Ini adalah bukti keseriusan kita untuk pelaksanaan Syariat Islam di Abdya dan di Aceh,” kata Jufri.

Lebih lanjut, Bupati Jufri mengatakan, acara Muzakarah ini akan
mencapai subtansi bukan seremonial saja sehingga konsolidasi untuk ummat di muka bumi maupun di Abdya bisa mencapai dan memberi kontribusi biar kecil tetapi bermamafaat.

“Dari semangat itulah kita konsen dan peduli sesuai dengan visi dan misi kita yang menaruh paling atas adalah masalah aqidah, bukan sebuah retorika dan tulisan saja tetapi kita buktikan dari hari ke hari pelaksanaan syariat Islam terus kita tingkatkan,” ungkapnya.

Sementara Abuya Syech H Amran Waly mengaku, sangat senang dan berterima kasih terhadap pemerintah Abdya yang menggelar acara Muzakarah Tauhid Tasawuf di Blangpidie selama tiga hari kedepan, Diakui, Islam masuk ke Aceh dan Indonesia dulu kala di pelopori oleh Ulama Tasawuf dari timur tengah.(Diliput News)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed